Monday, July 21, 2008

ingin jadi artis terkenal

"nama saya... hobby saya difoto...cita cita saya ingin jadi artis..." GUbR@aKKK !!
dalam hati saya mikir emang nggak ada cita cita lain ya dik??... sambil senyum senyum malu..gadis cilik yang didandanin abis abisan itu cuma menggeleng..sesekali ia mencari sang mama diantar penonton..

dari lebih 100 anak yang ikut lomba citacitaku (sabtu, 19 Juli 2008) di Trans7, 80%nya ingin jadi artis... "mau jadi apa negara ini??? " kata mas Gatut, EP program Citacitaku..(di meja penjurian bagian B ada saya,mas gatut n coconico yang jadi jurinya). setiap ada anak yang bercita cita jadi artis, kami langsung ilfil alias nggak berminat nanya nanya lagi.. bukannya nggak suka profesi artis sih... tapi anak anak ini ingin jadi artis yang instant..yang penting bisa terkenal..masuk TV gituuhh...ini gara gara kebanyakan nonton sinetron di TV.. yang isinya cuma cinta cintaan melulu..abg marah marah.. dan jalan ceritanya dipanjang panjangin gak masuk akal.. maleezzzz bangettsss...

ada seorang anak yang ingin jadi artis, tapi dia belajar teater katanya...kami sudah sempat tertarik..karena nggak cuma sekedar artis..kalau dia pemain teater pasti lebih bagus aktingnya..pemahaman karakternya.. eeehhh... waktu kami minta dia memerankan karakter kambing, anaknya ogah..katanya nggak enak.. trus dia minta akting marah, nangis, ama seneng aja... yeeiii... itu sih standar sinetron bangets.. ya udah lewat dehh..

ada juga anak laki laki yang ngakunya pengen jadi penerbang..tapi body languangenya kok lemah gemulai..eehhh waktu ditanya hobbynya apa dia suka di foto..trus terakhirnya pengen jadi foto model..guBr@@KK !!... cape dee...

dari meja juri B cuma ada 1 anak yang kami lolosnya cita-citanya ingin jadi presenter dan artis.. namanya dea...lengkapnya saya lupa.. gadis cilik umur 8 tahun ini agak gendut tapi tampangnya lucu..ia pemberani dan tampangnya ekspresif. meskipun genit, tapi genit dan centilnya khas anak anak banget... masih polos dan gak dibuat buat. ibunya juga pintar mendandani soalnya gak menor menor banget..hehehe.. kalo udah menor sih..lewat aja..

sebenarnya nggak salah peserta 100% sih.. soalnya di pengumuman..judul lombanya adalah casting talent cita-citaku..jadi, so pasti doong.. mereka pikir ya kemampuan aktingnya yang dinilai...padahal kalau dari kami, yang bertugas di program Cita-citaku, yang oertama kami cari adalah cita citanya.. yang nggak standar.. (selain dokter,guru,insinyur,arsitek). kalaupun memang citacitanya standarad, yang akan dinilai adalah alasan dan pengetahuannya tentang cita citanya sendiri..dari situlah kami tau apa cita citanya itu keinginan sendiri atau karena lomba.. hehehe....

yang ketiga daya tangkapnya... kalau ditanyain ngerti nggak...nyambung nggak..
nah..yang keempat..baru deehh.. performancenya..alias penampilan.. penampilan disini bukan berarti harus cantik atau ganteng yaa... kami nggak butuh itu.. buat kami semua anak itu cantik dan ganteng... yang kami cari adalah yang punya ekspresi dan karakter kuat.. ini juga bisa dilihat waktu dia menyampaikan citacitanya pengen jadi apa..

naahh.. kalau di meja juri A, beda lagi ceritanya.. disana ada Adel (produser cita-citaku), mba Anita (promo) dan mas Panca (programming)... serius serius banget jurinya.. hihihi... mereka masih kasih banyak kesempatan buat anak anak yang ingin jadi artis.. dari meja A ada gadis cilik yang lolos sampai final.. ia ingin jadi pemain film.. keren kan??... catet yahh..pemain film.. bukan artis!!..ini lebih spesifik lagi..nggak sekedar karena pengen tampil di TV.. kemampuan aktingnya luar biasa... namanya Cinta Ing Larasati.. (cantik banget yahh...)
Sejak kecil alias balita, Cinta ternyata sudah beberapa kali main film..ia juga dekat dengan dunia seni peran, karena ayahnya adalah seorang sutradara.. hehehe...pantes aja yaah...
tapi diluar itu..Cinta memang berbakat.. dia akhirnya menang juara kedua, sementara juara pertama adalah Lala yang bercita cita jadi pendongeng dan penulis..

anyway.... acara yang diadakan teman teman promo n marketing ini lumayan sukses.. selain lomba/casting talent cita citaku, ada juga lomba mewarnai,lomba menghias botol, panggung boneka jalan sesama, dll... acara ini diadakan menjelang hari anak nasional 23 Juli ini..

selama jadi juri babak penyisihan, saya seperti diingatkan lagi..betapa besar pengaruh media..khususnya televisi, termasuk tempat saya bekerja ini.. bayangkan saja.. anak anak polos dan lugu itu dicekoki beragam acara orang dewasa..milik ibu ibu.. alias sinetron dan infotainment.. kalau nggak ya film kartun yang banyak juga unsur kekerasannya..sebenarnya sekarang banyak juga sinetron anak..tapi ya gitu deehh... banyak gak masuk akalnya.. akting terlalu dibuat buat..maklum semua serba instant dan kejar tayang..pengennya sih ada lebih banyak program anak yang bagus.. anak anak kan berhak mendapatkan dunia mereka..

No comments: