Sawai.. a misty hidden place and beautiful cacatua




Damai tentram di Utara Seram...

Cacatua Moluccensis, Eleonora Galerita, Lorius Domisela dan Lorius Lori adalah penghuni Pusat Rehabilitasi Satwa Masihulan, Sawai, Seram Utara.. burung-burung cantik endemik kepulauan maluku dan papua ini sedang dilatih untuk liar..
Mereka sangat cantik dan anggun.. nggak heran kalau jadi korban perdagangan ilegal..
PRS Masihulan, jadi salah satu lokasi yang dikunjungi wisatawan di Sawai..sayangnya, tempat ini kurang terawat..fasilitas toilet rusak, tidak ada air dan belum diperbaiki.. alasannya blum ada funding lagi yang masuk, bahkan perawat satwa disana sudah lama gak terima honor..mereka praktis hanya mengandalkan honor dari wisatawan yang datang.. Para perawat satwa disana dulunya adalah pemburu burung kakatua dan nuri yang dilindungi..tapi sejak berdirinya PRS, mereka berhenti berburu dan bekerja di PRS sebagai perawat satwa..

Nah...buat yang hobby treking, sawai dan TN Manusela bisa dicoba..pantau burung liar di atas platform di ketinggian 35 m ato 50 m (tapi kemarin saya engga mau nyoba..hehehe..)

kalo mau snorkling juga bisa.. di dekat tebing ada beberapa spot yang lumayan cantik..sayangnya di sana juga banyak karang yang rusak bekas bom ikan.. terus ada gua bawah laut yang pintu masuknya menghadap lautan..yang ini saya juga ga masuk..hehehe..seyeeemm...

Sayangnya, sebagai tempat tujuan wisata andalan di Seram, sawai masih kurang terurus.. yang bagus hanya di area penginapan milik pak Ali saja..sementara di desanya sendiri masih kurang terawat..masih suka buang sampah ke laut, penataan desa yang kurang rapi.. sayang banget, padahal potensi wisatanya lumayan okeh..

Penginapan pak Ali sederhana tapi nyaman..bangunan dari kayu diatas laut..
Pak Ali membuat taman coral di area penginapannya.. karang-karang cantik ia ambil dari laut lepas dan di tanam kembali di taman coralnya..
waktu kami kesana, kebetulan sedang ada transplantasi karang oleh petugas balai taman nasional manusela.. semoga program itu terus berlanjut..sampai karang-karang di sawai pulih dan cantik lagi..

FYI Sawai sangat cocok buat tempat menyepi..menjauh dari kota..soalnya:
1. Nggak ada sinyal GSM disana...horeee...hehehe..putus komunikasi dari dunia luar..lumayan merepotkan buat koordinasi...yang berlaku disini cuma HP satelit.. tapi jangan kuatir, kalo gak bawa HP satelit, ada wartel satelit yang tarifnya dijamin mahal bener..dan kalo malem, pasti ngantri buat nelponnya..huehehehe...
2. di penginapan pak Ali gak ada TVnya..cihuuii... asik kaan??..benar-benar cocok buat yang mau hanimun.. nah, kalo buat kita??... jadinya gak update apa pun yang terjadi diluar sawai. termasuk ada badai laurence di philipine yang dampaknya sampai perairan maluku..(hhff, pantesan ujan mulu...ga taunya emang lagi ada badai..hehehe..). Beruntung talent2 kami di episode ini pada doyan tampil, genit dan konyol...jadi lumayanlah buat hiburan tiap malem..

Perjalanan ke Sawai emang butuh tenaga dan waktu..dari Ambon, ada beberapa rute yang bisa ditempuh:
1. kalo bawa mobil dari ambon, harus nyeberang lewat pelabuhan ferry di Liang, penyeberangannya sih cuma 2 jam, tapi antrian ferrynya itu looh.. turun ferry bisa langsung tancap gas ke sawai.. perjalanan sekitar 5 jam, baru sampai di desa sawai..
2. Kalo gak pake mobil, dari pelabuhan tulehu pulau ambon,bisa nyebrang ke pelabuhan masohi, seram naik ferry cepat sekitar 2 jam juga. Dari masohi, naik angkutan ke sawai (kijang) 75rb/org..perjalanan dari masohi sekitar 4 jam..Atau bisa naik angkutan ke desa saka, desa tetangga sawai, trus nanti dijemput sama longboatnya Pak Ali, langsung turun di dermaga penginapan.. kata mereka, ini jalan yang paling enak dibandingkan langsung ke desa sawai yang jalannya berliku dan di dekat desa jalanan rusak parah..

eniwei...dengan segala kekurangan dan kelebihan sawai, ada dua hal yang selalu bikin kangen sawai:
1. nongkrong di teras ato dermaga penginapan, saat pagi ato sore...
kalo pagi, kita bisa puas melototin si ikan badut, ikan kakatua, ikan bendera, lionfish, kima, dll sambil nyeruput teh anget ama makan roti..kasih makan ikan juga...
kalo sore, sambil nunggu maghrib bisa duduk di dermaga.. liat lautan...ato liat anak2 main air.. (asal gak lagi hujan)..
2. saat malam...duduk di teras..sambil liatin bintang...
hhfff...bener-bener deeh..sawai memang damai...

Desember 2009

Comments

Popular posts from this blog

welkom in malang

Revisiting My Wounds Through Home Town Cha-Cha-Cha