Friday, November 21, 2008

sawangan - tendean pp

sudah lebih dari satu minggu saya menempuh perjalanan sawangan - tendean pp sendirian alias naik kendaraan umum.. tepatnya sejak suami saya jatuh dari motor, trus berangkat liputan haji..

beberapa rute sudah saya coba... tapi ya gitu deh waktunya hampir sama.. sekitar 2 jam untuk satu kali perjalanan 30km.. kalo mau rada cepetan, naik krl.. tapi berhubung saya blom apal jadwalnya, jadi sering ketinggalan..hehehe... selebihnya saya naik angkot atau naik bis (ini paling lama).. kalau dari rumah, angkutannya ya udh pasti itu itu aja.. naik ojek trus sambung angkot ke terminal depok. baru deh, dilanjut pake pilihan moda angkutan yang ada..

nah, dari beberapa kali percobaan, saya dapat kesimpulan:
1. krl depok express + metromini 604
+ : cepat dan nyaman, metromini dari arah tanah abang gak kena macet
-- : paling mahal dan nggak tiap jam ada krl express jurusan tnh abang (sudirman).
2. krl ekonomi ac + apa aja jurusan gatsu
+ : lumayan cepat dan lebih murah, tiap stasiun brenti, jadi banyak pilihan
kalo mau cepat, turun sudirman lagi naik 604. kalo dari cawang macet banget
-- : kurang nyaman dan suka telat datengnya.
3. angkot 04 jurusan psr minggu + metromini 604
+ : gak perlu jalan lagi, turun angkot 03 dari sawangan,lgs naik angkot 04 di depan terminal
jarang ngetem (kecuali lagi apes). turun psr minggu ganti metromini.
-- : panas gak pake ac. kena macet, apalagi abis terminal pasar minggu..
4. bis patas rute depok - tnh abang
+ : pake ac dan cukup satu kali aja lgs turun perempatan mampang tendean
-- : luamaaaaa banget jalannya...mau macet ato gak macet, jalannya kayak keong.

kalau pulangnya saya cuma pernah pake 4 moda:
1. metromini 75 ke psr minggu + angkot 04 ke depok
ini yang paling sering. lumayan cepat, tapi yang lama kena macet di margonda
2. nebeng naik motor ama mutia sampe jalan nusantara depok
naah ini juga enak, lebih cepat.. tapi kan gak enak kalo sering nebeng..
3. nebeng naik mobilnya nurul..
yang ini sama enaknya.. kebetulan rumah nurul di puri bali dekat ama perumahan saya.
tapi sama juga. kan gak enak kalo keseringan nebeng.
4. naik taxi
ini pilihan terakhir kalo udh pulang kemaleman..saya nggak brani naik angkot..
+ : nyaman dan cepat sampai, kalo lancar 1 jam saja
-- : ini yang paling muaaahaal... hehehe..

dari beberapa kesimpulan di atas, saya menyimpulkan lagi...
supaya perjalanan lebih efektif dan efisien, caranya naik motor sampai stasiun, lalu abonemen karcis kereta ekonomi ac.. tapi ini masih baru pertimbangan..
sampai akhir bulan ini, saya masih mau coba beberapa rute dan angkutan lainnya lagi..
mungkin teman teman ada masukan????

No comments: